Bitcoin's Live Market

Bitcoin's Market

Bitcoin Live Market

Cara menambang Electroneum di Windows 64x






Semakin banyaknya para miner di dunia crypto membuat tingkat kesulitan semakin besar. Terlepas dari itu, dibutuhkan juga spesifikasi GPU yang cukup tinggi hashrate-nya. Namun semakin berkembangnya dunia crypto bermunculan coin-coin baru yang memberikan peluang bagi para miner untuk menambangnya. Selain faktor hardware yang digunakan ada juga faktor keberuntungan dalam memperoleh  fee dari pool, contoh pada saat menambang coin anda dan beberapa orang di pool tersebut menemukan sebuah block baru di Blockchain.

Kali ini saya akan berbagi tutorial cara melakukan penambangan coin crypto di Electroneum yang di sebut dengan coin ETN. Coin ini tergolong baru dan tingkat kesulitannya belum terlalu besar, belum lagi hardware yang di gunakan hanya menggunakan CPU (Control Processing Unit). Artinya kita dapat memanfaatkan laptop atau PC kita untuk proses menambang.

Untuk men-download apa saja yang kita perlukan dalam penambangan ini, kunjungi website Electroneum nya secara langsung. 



Pembuatan Offline Wallet 

Klik pada "Browser Version"

Kemudian klik "Lets Get Started"

Ketika muncul halaman ini, gerakkan mouse kemana pun yang anda sukai sampai selesai. Pergerakan mouse ini lah yang menciptakan kode acak untuk offline wallet anda.




Klik "Save Wallet as PDF" untuk menyimpan file offline wallet dalam bentuk PDF. Offline wallet ini lah yang nantinya akan digunakan untuk tempat mengumpulkan coin ETN.


Installasi aplikasi untuk penambangan

Di Beginners Pool Mining Software, Klik "Download Windows Miner" untuk versi OS Windows. Jika mendownload menggunakan Chrome maka akan terdeteksi sebagai malware, usahakan gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload seperti IDM dan FDM.

Selanjutnya "Run-as Administrator" windows miner yang telah di download tadi untuk melakukan proses installasi software. Ikuti saja wizard yang ada sampai selesai.


Proses penambangan
Setelah semua selesai sekarang kita tinggal melakukan penambangan coin ETN. Run-as Administrator shortcut Electroneum yang ada di Desktop.



Perhatikan parameter apa saja yang harus kita isi seperti gambar di bawah ini:

  • Masukkan Offline Wallet yang telah kita download sebelumnya dalam file PDF ke "Your ETN Wallet Address". Caranya buka file PDF offline wallet, lihat 3 baris code acak di Public Wallet dan copy + paste 3 baris code tersebut satu persatu di kolom Your ETN Wallet Address tanpa spasi. Public Wallet ini lah yang nantinya akan menjadi tempat kita menyimpan coin ETN hasil dari menambang.
  • Untuk Pool Region, anda dapat memilih dimana akan melakukan penambangan ETN. Disini saya sarankan untuk memilih Asia dikarenakan letak geografis kita.
  • Mining port terdiri dari 3 kategori dan port yang berbeda-beda. Untuk Low End CPU anda akan diperbolehkan masuk ke pool melalui port 3333. Sementara untuk Midle Range CPU anda di perbolehkan masuk ke pool melalui port 5555. Dan untuk High End CPU anda di perbolehkan masuk ke pool melalui port 7777. Kesemuanya ini tentunya dengan melihat spesifikasi hardware yang anda miliki.
  • Off threads, saya juga kurang begitu paham option yang ada di sini, namun saya pernah merubah settingnya dimana saat dimonitor via Task Manager berpengaruh pada kinerja CPU. Ada kemungkinan ini berhubungan berapa banyak Core yang anda gunakan untuk mining, saran saya hindari kinerja GPU yang mencapai 80% ke atas.
  • Dan ketika semua setting selesai, klik "START" dan biarkan CPU bekerja di Electroneum. Untuk Hashrate, Total Share dan Bad Share akan muncul sendirinya ketika proses mining berjalan.
  • Nah ini yang terakhir, tentunnya kita ingin mengetahui seberapa banyak CPU mampu menghasilkan ETN. Bagi yang menambang di pool Asia, anda dapat mengunjungi asiapool.electroneum.com. Masukkan wallet Public anda dan Look Up maka akan muncul semua yang telah CPU kerjakan. Dan ingat jangan berharap becak mampu membawa truck, jadi sadari kemampuan PC anda.




Description: Cara menambang Electroneum di Windows 64x
Rating: 4.0
Reviewer: Bitcoin Live Market
ItemReviewed: Cara menambang Electroneum di Windows 64x

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)

0 comments:

Post a Comment

Back to Top