Bitcoin's Live Market

Bitcoin's Market

Bitcoin Live Market

Cara menambang ETN dengan Claymore di Nano Pool






Electroneum atau ETN, saat ini memiliki nilai tukar berkisar 0.06 USDT di market exchanger cryptopia. Coin ini masih tergolong baru, sehingga banyak para miner mencoba untuk mengadu nasib menambang coin tersebut. Saat ini tingkat kesulitan menambang ETN berkisar 7657675180, dengan tinggi blockchain 71402. Di setiap 4 jam akan di temukan blok baru, dengan jumlah miners di asia pool electroneum berkisar 1747. Sementara total hash rate pada pool ini 519.97 KH/s, menandakan masih sedikitnya miners melalui pool ini. Di electroneum pool, para miners di kenakan fee sebesar 4% untuk pemeliharaan dan operasional pool.


Baca juga Cara trading di Vip Bitcoin Indonesia bagi pemula, Ethereum-How to buil an 6 GPU RX470-video, Edukasi bitcoin, Fenomena coin crypto dalam dunia trading


Nano pool memiliki 6552 miners di dunia yang melakukan penambangan dengan workers 23319. Dengan perbandingan miners dan workers yang sangat jauh tentunya nano pool mampu menghasilkan hashrate sebesar 82355.2 KH/s. Hingga saat ini blok yang berhasil di tambang sebanyak 721. Sementara payout dapat di lakukan mulai dari 100 - 100000 ETN, berbeda sekali dengan pool electroneum yang memperbolehkan payout sebesar 20 ETN.



 Nilai tukar ETN di Exchanger Cryptopia



Untuk menambang electroneum di perlukan hardware yang memiliki algoritma CryptoNight. Saat ini saya melakukan penambangan ETN dengan menggunakan CPU dan GPU. Untuk melihat daftar hashrate dan algoritma CPU bisa anda baca disini dan untuk GPU bisa anda baca disini.


CPU yang saya miliki memiliki hashrate CryptoNight sebesar 21.14 H/s dan GPU sebesar 0.25 KH/s. Setidaknya komputer dengan kemampuan minim tersebut bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Saat aplikasi ini berjalan pun, aktivitas yang lain seperti browsing tidak terganggu. Padahal saat ini sedang berjalan miner ethereum, siacoin dan electroneum.



Kemarin sempat juga berkunjung ke tempat teman untuk melihat rig yang dimilikinya. Dengan menggunakan 6 GPU RX470 mampu menghasilkan kurang lebih 1000 ETN/jam. Entah mengapa kemudian tidak di lanjutkannya. Padahal sudah di test transfer ke private wallet ETN yang di milikinya dan terbukti berhasil.


Berikut cara melakukan penambangan ETN dengan GPU menggunakan claymore.
  • Download Claymore Crypto note AMD GPU miner 
  • Extract file yang telah di download di dirve c:\




  • Edit file start_etn.bat pada folder yang telah di extract sebelumnya. 
NsGpuCNMiner.exe -xpool stratum+ssl://etn-eu1.nanopool.org:13433 -xwal YOUR_ETN_ADDRESS.YOUR_PAYMENT_ID.YOUR_WORKER/YOUR_EMAIL -xpsw x -allpools 1




- Ganti pool stratum+ssl://etn-eu1.nanopool.org:13433 menjadi  stratum+ssl://etn-asia1.nanopool.org:13433

- Ganti YOUR_ETN_ADDRESS dengan wallet electroneum anda
- Ganti YOUR_PAYMENT_ID jika menggunakan wallet exchanger
- Ganti YOUR_WORKER/YOUR_EMAIL dengan nama worker (worker1)/ alamat email anda
  • Klik start_etn.bat untuk mulai melakukan penambangan electroneum di Nano pool.



Jika berhasil, maka akan muncul tampilan command prompt seperti menambang crypto-crypto lainnya. Lihat hashrate GPU apakah bisa terbaca oleh claymore, dan cek port yang di pakai untuk menambang apakah bisa terhubung dengan Nano pool. Selain hal di atas, perhatikan juga kestabilan koneksi internet apakah normal atau malah terganggu. Cek kondisi hardware dan driver, apakah terpasang dengan baik di sistem komputer.

Semoga bermanfaat..!!!





Description: Cara menambang ETN dengan Claymore di Nano Pool
Rating: 4.0
Reviewer: Bitcoin Live Market
ItemReviewed: Cara menambang ETN dengan Claymore di Nano Pool

1 comment:

  1. Saya sudah mengikuti langkah di atas tapi tidak bisa pas start etn

    ReplyDelete

Back to Top