Bitcoin's Live Market

Bitcoin's Market

Bitcoin Live Market

Pengertian Mining dan Bitcoin (Ask)




Setelah melalui penelusuran search engine saya mendapatkan pertanyaan "Apa yang di maksud dengan mining Bitcoin?". Pada dasarnya mining dan Bitcoin adalah hal yang berbeda. Mining dapat dilakukan menggunakan hardware apa pun, algoritma apa pun dengan hasrate sesuai kemampuan hardware yang dimiliki dan melakukan penambangan coin crypto apa pun. Sementara Bitcoin adalah sebuah digital asset yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin dapat ditambang dengan algoritma SHA256 yang dihasilkan dari hardware tertentu.


Mining adalah kegiatan menemukan block baru pada blockchain yang dilakukan sendiri (solo mining) atau pun bersama-sama dalam satu wadah (pool mining). Mining sendiri ada yang melakukannya dengan tujuan fokus untuk mengumpulkan coin crypto tertentu dan ada yang melakukan penambangan coin crypto apa pun dengan upah berupa Bitcoin (seperti di Nicehash miners).

Baca juga Cara merubah algoritma di Nicehash Miner, Cara mendapatkan bitcoin dengan mengerjakan task, Teknik dasar trading bitcoin agar selalu profit

Namun saat ini para pecinta digital asset tidak berfokus hanya kepada Bitcoin saja. Mereka tetap terus mencari-cari coin-coin crypto terbaru yang dapat ditambang dengan menggunakan hardware yang murah, seperti Electroneum misalnya. Crypto yang satu ini dapat ditambang dengan algoritma CryptoNight seperti coin Monero. Dikarenakan coin tersebut baru muncul dan diperkenalkan sehingga minersnya masih sedikit, menyebabkan tingkat kesulitan penambangan rendah dan cukup menggunakan GPU sebuah komputer saja.



Beda dengan Ethereum, crypto yang satu ini juga mampu ditambang dengan menggunakan GPU yang memiliki algoritma DeggerHashimoto. Namun tingkat kesulitan menambang ethereum sangat tinggi, sehingga dibutuhkan hardware yang betul-betul memiliki hashrate (hashing power) yang tinggi. Menambang ethereum sama seperti menambang Bitcoin, butuh modal yang sangat besar dengan tingkat kesulitan yang tinggi.


Jika anda tidak mampu untuk membeli hardware yang memiliki algoritma SHA256 untuk menambang bitcoin, namun anda ingin memiliki bitcoin, saya sarankan untuk menambang coin apa pun di Nicehash Miner. Sebab perusahaan yang satu ini melakukan pembayaran upah berupa Bitcoin.


Tetapi jika anda mengamati market perdagangan Bitcoin dan crypto lainnya yang ada didunia, digital asset tidak hanya terbatas pada bitcoin saja. Masih banyak coin crypto lainnya yang memiliki nilai tukar yang lumayan tinggi dengan tingkat kesulitan menambang yang masih rendah, dan modal untuk membeli hardware yang tergolong murah.


Seperti gambar diatas misalnya, saya menambang Electroneum hanya menggunakan GPU yang saat ini memiliki Pending Balance = 16.26 ETN. Dimana akan dibayarkan setiap 20 ETN yang bisa di lihat di Total Paid. Dengan hashrate CPU yang saya miliki sebesar 52.67H/s. Hanya dengan PC bekas game yang saya miliki saya sudah bisa menambang crypto yang satu ini.



Apapun crypto yang akan anda tambang nantinya, sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda. Jangan memaksakan seuatu yang anda sendiri belum paham akan resiko yang telah menanti. Manfaatkan komputer yang anda miliki dan dapatkan kuntungan darinya, itu cukup bijak menurut saya.









Description: Pengertian Mining dan Bitcoin (Ask)
Rating: 4.0
Reviewer: Bitcoin Live Market
ItemReviewed: Pengertian Mining dan Bitcoin (Ask)

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)

0 comments:

Post a Comment

Back to Top