Bitcoin's Live Market

Bitcoin's Market

Bitcoin Live Market

Cara membangun mining rig







Rig, identik dengan kegiatan penambangan, terutama penambangan sumber daya alam berupa minyak bumi. Semenjak terciptanya bitcoin, kegiatan penambangan pun bisa dilakukan di dunia maya. Dengan menggunakan komputer canggih saat ini semua itu bisa dilakukan. Rig yang dimaksud dalam penambangan bitcoin adalah sebuah hardware komputer yang terdiri dari komponen-komponen yang menghasilkan hashrate dan algoritma tertentu.
Lalu komponen apa saja yang menghasilkan algoritma? CPU dan GPU pada umumnya memiliki kemampuan dalam menghasilkan algoritma. Namun setiap type menghasilkan algoritma yang berbeda dan beberapa ada yang sama. Kemampuannya pun berbeda, ada yang memiliki hashrate tinggi dan ada yang rendah. Tidak semua GPU dapat di gunakan sebagai mesin tambang, hanya beberapa saja yang direkomendasikan. Untuk lebih jelasnya silahkan cari di artikel saya sebelumnya.


Sekarang ada motherboard khusus mining yang dibuat oleh hampir semua perusahaan-perusahaan hardware komputer. Dengan harga variatif, mulai dari 1juta IDR hingga 3,5jt IDR. Motherboard khusus mining memiliki lebih dari 2 slot PCI-E. Ada yang memiliki 4 hingga 8 slot PCI-E pada motherboard tersebut. Begitu juga dengan power supply GPU terdiri dari beberapa slot konektor sesuai jumlah slot PCI-E yang disediakan.

Contoh PCI-E adapter


Jika dilihat bagaimana mungkin kita dapat menempatkan GPU dalam satu motherboard yang kecil tersebut. Cara menempatkan GPU dengan membeli PCI-E adapter unit. Biasanya dalam satu unit memiliki PCB PCI-E adapter, USB cable connector dan power cable connector, yang terbuat dari metal dan plastik. Modelnya pun bermacam-macam, ada yang satu unit GPU + PCI adapter + out/in power dan data dalam satu PCB, ada yang 4 unit GPU + 4 unit adapter + 4 out/in power dan data dalam satu PCB. harganya pun mulai dari 100 ribu/unit hingga 500 ribu/unit.

Baca juga Daftar GPU yang dapat digunakan sebagai mesin tambangCara menambang ethereum dengan claymoreRahasia sukses trading bitcoin dan crypto lainnya

Tentunya dengan banyaknya GPU yang akan kita jadikan rig, membutuhkan suplai power ke semua unit. Sehingga anda membutuhkan power supply yang memiliki kemampuan besar dan out put yang banyak pula. Power supply komputer pada umumnya standar, dengan kemampuan daya kurang lebih 500W. Untuk membangun rig ini, anda setidaknya membutuhkan power supply sebesar 1600W dengan konektor suplai tegangan yang banyak. Harga dari power supply ini berkisar 1,2 juta IDR hingga 2,3 juta IDR.


Sistem komputer akan bisa berjalan jika memiliki Control Processing Unit (CPU). Ini merupakan otak dari semua sistem yang ada di dalamnya. Menurut teman-teman yang telah lebih dahulu membangun rig mining, menganjurkan cukup dengan Intel Processor i3. Ada beberapa yang mengatakan, komputer dengan processor gaming seperti AMD kurang begitu memuaskan pada hasil mining (mungkin faktor panas, dan maintenance). Namun semua itu tergantung bagaimana anda memilih untuk memulai sesuai modal yang anda miliki. Harga processor Intel i3 berkisar 1,8 juta IDR.



Motherboard spesial mining



Harddisk, nah yang satu ini sedikit berbeda pada umumnya. Biasanya kita mencari harddisk berkapasitas besar untuk menyimpan dan menginstall banyak program aplikasi guna membantu kegiatan kita sehari-hari. Untuk mining, usahakan menggunakan harddisk SSD. Tidak harus berkapasitas besar. Yang kita butuhkan hanya menginstall OS Windows 64x disini dan mining aplication program. Mengapa harus SSD (Solid State Drive)? Hardisk ini sama seperti memory card pada handphone, jika bekerja secara terus-menerus selama 24 jam memiliki daya tahan yang kuat. Beda halnya dengan harddisk SATA yang masih menggunakan disk didalamnya. Jika disk tersebut berputas selama 24 jam nonstop dapat anda bayangkan panas yang dihasilkannya. Harga SSD tersebut berkisar 300 ribu IDR hingga 1,2 juta IDR. Saya cukup menggunakan SSD berkapasitas 128 GB untuk mining ethereum.


Cooling system merupakan bagian terpenting dari suatu mesin, terutama pada rig yang bekerja selama 24 jam penuh. Sebaiknya gunakan fan bertegangan AC, jika anda menggunakan fan bertegangan DC maka akan membebani power supply komputer. Setidaknya dibutuhkan 3 fan berdiameter sedang untuk rig yang memiliki 6 GPU. Lalu perhatikan suhu ruangan anda, jika berkisar 27 hingga 30 derajat celsius harus dibantu dengan pendingin lain seperti Air Conditioner misalnya. Umumnya suatu perangkat komputer yang bekerja secara terus-menerus membutuhkan suhu dibawah 18 derajat celcius. Hal ini untuk memperpanjang usia komponen-komponen yang ada di dalamnya. Terlebih lagi komponen yang memiliki chipset pabrikasi dari cina.


Semua daftar hardware yang di butuhkan untuk membangun rig tersebut saya survey ketersediaannya banyak sekali di online shop Indonesia. Mulai dari rak GPU hingga kabel-kabel konektor yang dibutuhkan. Bagi yang ingin memulai, banyak sekali yang harus di perhitungkan. Jangan sampai kesemua itu malah membuat anda sesat di jalan hehe...!!! Semoga bermanfaat, salam sukses untuk miners Indonesia.




Description: Cara membangun mining rig
Rating: 4.0
Reviewer: Bitcoin Live Market
ItemReviewed: Cara membangun mining rig

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)

0 comments:

Post a Comment

Back to Top