Bitcoin's Live Market

Bitcoin's Market

Bitcoin Live Market

Edukasi Bitcoin




Sejarah terciptanya bitcoin

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer ke peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal dimana Departement Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi. Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang-orang yang memilikinya, dan tidak boleh dilakukan lebih dari satu kali.


Desain dari bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin-bitcoin dapat disimpan kedalam komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau dismpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu bitcoin-bitcoin dapat dikirimkan lewat internet kepada siapa pun yang mempunyai sebuah alamat bitcoin. Topologi peer to peer bitcoin dan kurangnya administrasi membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apa pun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin-bitcoin atau menyebabkan inflansi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency, pertama kali di ekspresikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis chyperpunks (Sumber:Wikipedia).



Cara mendapatkan bitcoin

Secara umum bitcoin bisa didapatkan dengan 3 cara, yaitu:

  • Mining
Mining adalah proses perhitung matematika yang ada di dalam jaringan bitcoin, dengan tujuan melakukan verifikasi transaksi bitcoin yang ada di internet dengan komputer berkemampuan tinggi. Proses ini bukan dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan, namun oleh ribuan komputer yang terhubung diseluruh dunia dengan jaringan internet (peer to peer). Bagi tiap-tiap komputer yang melakukan atau membantu proses tersebut akan diberi fee berupa bitcoin.
  • Trading 
Trading adalah proses jual/beli bitcoin ke mata uang negara atau coin-coin lainnya. Untuk mendapatkan bitcoin anda dapat melakukan deposit kesalah satu website trading (cari website yang dapat dipercaya).

  • Faucet

Faucet adalah usaha mendapatkan bitcoin dari iklan, bermain game, mengerjakan rating, dan lain sebagainya.


Menyimpan bitcoin

Hasil dari mining, trading dan faucet dapat anda simpan di wallet bitcoin. Ada berbagai macam wallet bitcoin yang dapat digunakan dan install di PC/laptop, smartphone, tablet atau cloud. Untuk penyimpanan bitcoun di cloud, cari penyedia jasa layanan yang dapat dipercaya.


Masa depan bitcoin

Banyak pakar memprediksikan bitcoin dapat menjadi mata uang dunia disebabkan 3 alasan berikut:

  • Kenyamanan. Tidak perlu untuk menukar uang kemata uang lokal jika anda bepergian.
  • Transaksi cepat dan murah. Selain itu, tidak ada yang dapat membekukan akun anda.
  • Deflasi mata uang. Fakta ini memmungkinkan pertumbuhan daya beli di masa akan datang.
Cara kerja sistem ini bahkan dikomentari oleh Bill Gates dengan sebutan "Bitcoin is a technological tour de force" yang berarti sebuah pencapaian teknologi yang luar biasa. Selama masih ada 1 pengguna saja, pengguna bitcoin di internet maka jaringan bitcoin tidak akan down karena sifat servernya yang terdesentralisasi. Terangnya dalam pesan surel kepada CNNIndonesia.com (Sumber:CNN Indonesia).

Saat ini nilai tukar bitcoin ke mata uang Rupiah mendekati 80Jt IDR per 1BTC(bitcoin). Berdasarkan pantauan dipasar bitcoin Indonesia dalam 10hari terakhir bitcoin mengalami peningkatan harga dari 64Jt IDR menjadi 78Jt IDR per 1BTC. Sungguh sebuah masa depan yang menggiurkan bagi para miner dan trader bitcoin. 





Description: Edukasi Bitcoin
Rating: 4.0
Reviewer: Bitcoin Live Market
ItemReviewed: Edukasi Bitcoin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)

0 comments:

Post a Comment

Back to Top